Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
yang menghasilkan sebuah produk berupa media pembelajaran Pop up book pada
pelajaran IPA kelas IV SDN.104280. Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu
keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah serta guru masih belum
menggunakan media secara kreatif dalam menyampaikan materi kepada peserta
didik pada saat proses pembelajaran berlangsung. Untuk mengoptimalkan
pelajaran IPA khususnya materi daur hidup hewan, maka dikembangkan media
pembelajaran pop up book sebagai pendamping pada saat mengajar.
Pengembangan media pembelajaran pop up book ini bertujuan sebagai penambah
keanekaragaman media pembelajaran IPA serta upaya dalam meningkatkan daya
tarik siswa dalam pelajaran IPA. Pada penelitian ini, penelitian memilih
menggunakan model ADDIE. Model ini adalah singkatan dari Analys, Desaign,
Development, Implementation dan Evaluation. Subjek yang digunakan pada
penelitian ini yaitu melibatkan satu kelas yang berjumlah 28 orang siswa kelas IV
SD Negeri 104280 Desa Pulau Gambar, Kab.Serdang Bedagai. Instrumen
penelitian ini menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk
3 ahli dan angket angket kepraktisan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan
pengembangan media layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan
memperoleh rata-rata 91% kategori sangat layak berdasarkan validator materi,
nilai 99% kategori sangat layak berdasarkan validator desain media, dan nilai 98%
kategori sangat layak berdasarkan validator bahasa. Hasil kepraktisan terhadap
media pembelajaran untuk respon guru diperoleh 96% dan untuk respon siswa
89,8%, artinya media pembelajarankriteria sangat praktis.
Berdasarkan hasil tesebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up
book telah dinyatakan sangat layak dan dangat praktis.