Abstract:
Kegiatan ekstrakulikuler termasuk di dalam muatan kurikulum yaitu
pengembangan diri yang sifatnya lebih sebagai kegiatan penunjang keberhasilan
program intrakurikuler. Kegiatan ekstrakulikuler bertujuan untuk memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan diri sesuai bakat, minat serta
kemampuan siswa karena setiap manusia diberikan oleh Allah kemampuan yang
berbeda-beda untuk tumbuh berkembang. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif objek yang diteliti sebanyak 14 orang
siswa kelas VII yang kurang berminat mengikuti ekstrakurikuler. Proses
pengambilan data dilakukan selama satu bulan yakni dimulai bulan januari dan
berakhir di bulan Februari dengan teknik pengumpulan data, observasi,
wawancara, dokumentasi. Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan dapat
diambil kesimpulan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok berhasil
untuk mengembangkan minat mengikuti ekstrakurikuler siswa kelas VII SMP Ali
Imron T.A 2017 / 2018. Hal ini terlihat dari para siswa mulai aktif di dalam
mengikuti ekstrakulikuler, berinteraksi baik, berani mengeluarkan pendapat,
berwawasan luas dan memiliki solidaritas yang tinggi. Dan menyarankan dirinya
ikut serta dalam mengikuti ekstrakulikuler sesuai dengan bakat, minat diri siswa.