Abstract:
Perkembangan teknologi hingga saat ini memiliki pengaruh yang besar terhadap
bentuk sebuah bisnis. Bisnis melalui e-commerce dengan memanfaatkan promosi
online dan ongkos kirim dipercaya dapat mempengaruhi impulse buying pada
pengguna e-commerce. Pemberian promosi yang kreatif serta beragam dan
ongkos kirim yang murah dapat menarik keputusan pembelian pada konsumen
dan akan memberikan pengaruh bagi perusahaan. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis jalur dengan menggunakan SEM PLS yaitu analisis model pengukuran (outer model). Hasil analisis dengan
menggunakan analisis jalur diketahui bahwa promosi online, ongkos kirim,
impulse buying dan keputusan pembelian mempunyai pengaruh yang signifikan
satu sama lainnya. Dalam hal ini berarti promosi online dan ongkos kirim yang
diterapkan sudah efektif dalam memperkenalkan produk kepada konsumen
sehingga konsumen tertarik melakukan keputusan pembelian dan berdampak pada
impulse buying.