Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa pada pembelajaran
Ipa di kelas IV SD Swasta Bersubsidi Bakti 1 Medan dengan menerapkan model
pembelajaran project based learning . Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dengan subyek
penelitian yaitu siswa kelas IV SD Swasta Bersubsidi Bakti 1 Medan dengan
jumlah siswa 15 laki-laki dan 13 perempuan. Instrument yang digunakan pada
penelitian ini adalah lembar observasi dan performance tes. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan kreativitas siswa pada pelajaran Ipa yang dapat dilihat dari
perolehan data pada siklus I dan sijlus II . pada siklus I terdapat sebanyak 16
siswa yang memiliki nilai kreatif dengan presentase 57,14% dan terdapat 12 siswa
yang tidak kreatif dengan presentase 42,85%. Kemudian pada siklus II sebanyak
24 siswa yang memiliki nilai kreatif dan sangat kreatif dengan presentase 85,71
dan terdapat 4 siswa yang kurang kreatif dengan presentase 4,70%.