Abstract:
Penelitian dilatar belakangi oleh kurang penggunaan media pembelajaran
sehingga menurunnya aktivitas belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian
yaitu bagaimana aktivitas pembelajaran IPA sebelum dan Setelah penggunaan
media powerpoint intraktif siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan,
dan apakah pengaruh media pembelajaran powerpoint intraktif terhadap aktivitas
pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana aktivitas
pembelajaran IPA sebelum dan setelah penggunaan media powerpoint intraktif
kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan untuk mengatahui apakah
terdapat pengaruh media powerpoint intrakti terhadap aktivitas pembelajaran IPA
kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.
Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Terpadu
Muhammadiyah 36 Medan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan
Juli-Agustus 2023. Populasi penelitian berjumlah 50 siswa dengan sampel
penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan
sebanyak 50 siswa. Teknik pemilihan sampel penelitian adalah sampling total.
Instrumen yang digunakan adalah lembar angket yang telah valid. Pengujian
hipotetsis menggunakan uji independent T-Tes.
Hasil dari penelitian berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan
dengan menggunakan statistik uji independent t-test pada aplikasi 23for windows
yaitu0,000 dengan taraf signifikan 95% atau α = 0,05 sehingga menunjukan
bahwa hipotesis H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data disimpulkan
bahwa “ Terdapat Pengaruh Media Powerpoint Intraktif Terhadap Aktivitas
Belajar Siswa Kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan”.