Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang berkonsentrasi saat
pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
metode Brain Gym (Senam Otak) apakah dapat meningkatkan konsentrasi belajar
siswa kelas IV MIS Islamiyah Yaspenjar Dolok Manampang.
Metodologi dalam penelitian ini yaitu PTK. Penelitian dilakukan pada
tanggal 4 Mei – 11 Mei 2023. Subjek penelitian siswa siswa kelas IV MIS
Islamiyah Yaspenjar Dolok Manampang berjumlah 20 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Brain Gym
(Senam Otak) pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV MIS islamiyah
yaspenjar dolok manampang dapat diketahui bahwa peningkatan hasil konsentrasi
belajar siswa pada siklus I dan siklus II. Pada data awal siklus hasil konsentrasi
belajar siswa 33%, terjadi peningkatan pada siklus I 42% sedangkan pada siklus II
terjadi peningkatan 88%. Dari hasil ini dapat dikatakan bahwa penggunaan
metode Brain Gym (Senam Otak) berhasil meningkatkan konsentrasi belajar
siswa. Karena konsentrasi belajar siswa telah mencapai 88% maka siklus
diberhentukan pada siklus II