Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Terhadap Peningkatan Kemampuan Kerja Sama Dalam Belajar Antara
Siswa Kelas VIII MTs Proyek Kandepag. Secara umum penelitian ini ditujukan
kepada seluruh kelas VIII MTs Proyek Kandepag yang berjumlah 79 siswa,
sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan
proposive sampling yakni 33 orang siswa kelas VIII Penelitian ini menggunakan
product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh hasil pengujian
korelasi rxy=0,483 lebih besar dari rtabel= 0,344 (0,483>0,344) dari hasil tersebut
menunjukkan bahwa pengaruh antara Layanan bimbingan kelompok terhadap
peningkatan kemampuan kerjasama dalam belajar adalah positif. Dari hasil
penelitian di peroleh thitung= 3,072 sedangkan ttabel=2,036. Berdasarkan uji
hipotesis kedua data tersebut diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 3,072> 2,036, maka
Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan
Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Kemampuan Kerja Sama
Dalam Belajar Antara Siswa Kelas VIII MTs Proyek Kandepag Tahun Pelajaran
2017/2018.