Abstract:
Harding, Kaczynski dan Wood (Charman, 2005) menyebutkan bahwa, Blended learning
merupakan penggabungan pembelajaran tatap muka konnvensional dan pembelajaran jarak jauh
dengan sumber belajar online dilengkapi pilihan media yang dapat diakses dari internet. Sementara
Semler (2005) menjelaskan blended learning sebagai pembelajaran yang menggabungkan antara
pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh yang dimaksud
dalam hal ini adalah pembelajaran secara online. Blended learning merupakan program pendidikan
formal yang memungkinkan peserta didik belajar melalui konten dan petunjuk belajar yang
disampaikan secara online, baik sebagian atau sepenuhnya (Staker, 2012). Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III
A dan kelas III C di SD Muhammadiyah 01 Medan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa media
podcast memiliki pengaruh terhadap efektivitas proses belajar secara Blended Learning di SD
Muhammadiyah 01 Medan. Terbukti pada hasil posttest yang diperoleh kelas eksperimen
menunjukan rata-rata nilai sebesar 85,03, sedangkan kelas kontrol menunjukan rata-rata nilai
sebesar 77,81. Berdasarkan uji hipotesis Independent Sample t Test data postest kedua kelas
tersebut memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dibanding nilai taraf
signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perhitungan data menggunakan SPSS versi
20 menunjukan bahwa terdapat pengaruh media podcast terhadap efektivitas proses belajar secara
Blended Learning di SD Muhammadiyah 01 Medan. Berdasarkan hasil penelitian yang
menunjukan adanya pengaruh media podcast terhadap efektivitas proses belajar secara Blended
Learning di SD Muhammadiyah 01 Medan dapat dikemukan saran yaitu, sebaiknya guru mata
pelajaran mengenai materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup dapat menggunaan media podcast sebagai
salah satu media yang efektif diterapkan dalam pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya dapat
melakukan penelitian secara mendalam agar dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam
kegiatan pembelajaran.