Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD Ar-Rahman Islamic Fullday School Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Youssy, Erika
dc.date.accessioned 2023-11-24T01:41:18Z
dc.date.available 2023-11-24T01:41:18Z
dc.date.issued 2023-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22713
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas IV SD Ar Rahman Islamic Fullday School Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Ar-Rahman Islamic Fullday School Medan yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data melalui lembar observasi dan soal tes, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar. Sebelum dikenai tindakan rata-rata hasil belajar siswa hanya 45 % (9 siswa) yang memenuhi KKM, pada siklus I siswa yang memenuhi KKM meningkat menjadi 60 % (12 siswa), dan pada siklus II siswa yang memnuhi KKM meningkat menjadi 85 % (17 siswa). en_US
dc.subject Hasil belajar, Matematika, Model Pembelajaran Discovery Learning en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD Ar-Rahman Islamic Fullday School Medan en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account