Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui
penerapan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas IV SD Ar Rahman Islamic Fullday School Medan T.A 2022/2023. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan
tahapan pada tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Ar-Rahman Islamic
Fullday School Medan yang berjumlah 20 orang. Metode pengumpulan data
melalui lembar observasi dan soal tes, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa
penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika
siswa pada materi bangun datar. Sebelum dikenai tindakan rata-rata hasil belajar
siswa hanya 45 % (9 siswa) yang memenuhi KKM, pada siklus I siswa yang
memenuhi KKM meningkat menjadi 60 % (12 siswa), dan pada siklus II siswa
yang memnuhi KKM meningkat menjadi 85 % (17 siswa).