Research Repository

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BAHBUTONG PADA PTPN IV UNIT TEH BAHBUTONG

Show simple item record

dc.date.accessioned 2023-11-24T01:10:56Z
dc.date.available 2023-11-24T01:10:56Z
dc.date.issued 2023-11-24
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22710
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan pada Teh Bahbutong pada PTPN IV unit teh bahbutong. Pendekatan penelitian ini adalah asosiatif. Populasinya sebanyak 100 pelanggan dan sampelnya sebanyak 100 pelanggan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 29.00. Hasil penelitian uji t bahwa Terdapat pengaruh positif variabel kualitas produk (X1) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (14.239> 1.983) dengan angka signifikan 0.001<0,05. Maka berdasarkan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara pasrial ada pengaruh signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif variabel harga (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (12.886> 1.983) dengan angka signifikan 0.001<0,05. Maka berdasarkan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara pasrial ada pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif variabel promosi (X3) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (-9.737> 1.983) dengan angka signifikan 0.001<0,05. Maka berdasarkan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara pasrial ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian. Pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukan bahwa variabel kualitas prosuk (X1), harga (X2) dan promosi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil dari penelitian dengan melakukan pengujian SPSS dengan Anova (Analysis Of Variance), Maka diperoleh nilai Fhitung (199.009)> Ftabel (2,70) dengan tingkat signifikasi 0.001. Karena profibabilitas signifikan jauh lebih kecil dar 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan kualitas produk, harga dan promosi secara bersama sama terhadap keputusan pembelian. en_US
dc.subject Kualitas produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TEH BAHBUTONG PADA PTPN IV UNIT TEH BAHBUTONG en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account