Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable kualitas
produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun
simultan pada Teh Bahbutong pada PTPN IV unit teh bahbutong. Pendekatan penelitian
ini adalah asosiatif. Populasinya sebanyak 100 pelanggan dan sampelnya sebanyak 100
pelanggan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
wawancara, studi dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji t dan
Uji F), dan Koefisien Determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 29.00. Hasil
penelitian uji t bahwa Terdapat pengaruh positif variabel kualitas produk (X1) terhadap
variabel keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (14.239>
1.983) dengan angka signifikan 0.001<0,05. Maka berdasarkan pengambilan keputusan
dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara
pasrial ada pengaruh signifikan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian.
Terdapat pengaruh positif variabel harga (X2) terhadap variabel keputusan pembelian (Y)
yang ditunjukkan thitung lebih besar dari ttabel (12.886> 1.983) dengan angka signifikan
0.001<0,05. Maka berdasarkan pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0
ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa secara pasrial ada pengaruh
signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh positif variabel
promosi (X3) terhadap variabel keputusan pembelian (Y) yang ditunjukkan thitung lebih
besar dari ttabel (-9.737> 1.983) dengan angka signifikan 0.001<0,05. Maka berdasarkan
pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini
menunjukkan bahwa secara pasrial ada pengaruh signifikan antara promosi terhadap
keputusan pembelian. Pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukan bahwa
variabel kualitas prosuk (X1), harga (X2) dan promosi (X3) berpengaruh terhadap
keputusan pembelian (Y). Berdasarkan hasil dari penelitian dengan melakukan pengujian
SPSS dengan Anova (Analysis Of Variance), Maka diperoleh nilai Fhitung (199.009)> Ftabel
(2,70) dengan tingkat signifikasi 0.001. Karena profibabilitas signifikan jauh lebih kecil
dar 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan bahwa secara simultan
yang menyatakan bahwa ada pengaruh signifikan kualitas produk, harga dan promosi
secara bersama sama terhadap keputusan pembelian.