Research Repository

PENGARUH PROMOSI ZAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERZAKAT (PADA RUMAH ZAKAT KOTA MEDAN)

Show simple item record

dc.contributor.author SYAHRIDHO, AFIF ALWAN
dc.date.accessioned 2023-11-23T13:08:04Z
dc.date.available 2023-11-23T13:08:04Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22694
dc.description.abstract Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh promosi zakat melalui media sosial terhadap minat berzakat di Rumah Zakat Kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi zakat melalui media sosial terhadap minat berzakat di Rumah Zakat Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah Staff Rumah Zakat dan Muzakki. Penelitian kuantitatif ini menggunakan penyebaran angket/kuesioner kepada responden sebanyak 92 orang dengan pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat statistik serta menggambarkan variabel secara apa adanya didukung dengan data-data berupa angka yang dihasilkan dari keadaan sebenarnya. Pada penelitian ini memperoleh hasil nilai t hitung sebesar 8,846 yang artinya , thitung = 8,846 > ttabel = 1,987, dengan signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, menunjukan bahwa variable secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Promosi Zakat Melalui Media Sosial Terhadap Minat Berzakat pada Rumah Zakat Kota Medan. Sedangkan nilai R Square sebesar 0,465 menunjukkan bahwa variabel Promosi Zakat Melalui Media Sosial mempengaruhi variabel Minat Berzakat pada Rumah Zakat Kota Medan sebesar 46,5% sedangkan sisanya 53,5% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Promosi Zakat Melalui Media Sosial Terhadap Minat Berzakat Pada Rumah Zakat Kota Medan. Hal ini menunjukkan bahwa ketertarikan masyarakat untuk berzakat pada Rumah Zakat Kota Medan mengalami peningkatan setelah melakukan promosi melalui media sosial en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Media Sosial en_US
dc.subject Zakat en_US
dc.title PENGARUH PROMOSI ZAKAT MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERZAKAT (PADA RUMAH ZAKAT KOTA MEDAN) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account