Research Repository

PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PN 4 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author NISA, FADILLATUN
dc.date.accessioned 2023-11-23T13:04:50Z
dc.date.available 2023-11-23T13:04:50Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22693
dc.description.abstract Keaktifan siswa dalam pembelajaran Fiqih sangat penting karena Fiqih merupakan disiplin ilmu yang mempelajari aturan dan hukum Islam yang harus ditaati. Pembelajaran Fiqih yang efektif membutuhkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran, dengan begitu siswa mampu memahami konsep-konsep Fiqih dengan baik dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menjadi aktif dalam proses pembelajaran, siswa menjadi lebih mudah mengerti dan menginternalisasi konsep-konsep Fiqih. Hal tersebut mampu membantu siswa dalam mengambil keputusan yang benar dalam kehidupan sehari hari. Ketika siswa kreatif, cenderung lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran. Siswa yang aktif lebih banyak berpartisipasi dalam diskusi kelas, mengajukan pertanyaan, dan memberikan tanggapan terhadap materi yang disajikan oleh guru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode active learning tipe card sort terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MTs PN 4 Medan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji normalitas data, uji homogenitas, uji paored sampel T test dan statistic deskriptif. Berdasrkan dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ada perbedaan setelah dilakukan metode Active Learning Tipe Card kepada peserta didik. Dimana sebelumnya sudah dilakukan pre test dan post test melalui uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji t. Uji normalitas data menunjukkan nilai sig Kolmogrov Smirnov > 0,05 yang terbilang normal. Uji homogenitas menunjukkan nilai sig Based on Mean 0,06 > 0,05 yang homogen. Sedangkan dari uji t peserta didik menghasilkan data dengan menunjukkan nilai output pair 1 diperoleh kedua significance sebesar <,001 dan nilai itu kurang dari 0,005 pretest kelas Ekesperimen dan posttest kelas eksperimen, juga pada pretest kelas Kontrol dan postest kelas kontrol menghasilkan nilai yang sama. en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Active Learning en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN METODE ACTIVE LEARNING TIPE CARD SORT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PN 4 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account