Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model
Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Mata Pelajaran PKn Terhadap
Pengembangan Civic Skill Siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL)
dalam mata pelajaran PKn terhadap pengembangan civic skill siswa di SMP
Muhammadiyah 19 Pematangsiantar TP. 2022/2023. Penelitian ini menggunakan
penelitian yang bersifat kuantitatif. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar dan tekhnik pengumpulan
data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang
digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, dan menggunakan uji
“t”. Berdasarkan perhitungan uji validitas terdapat 20 soal, setelah melakukan uji
validitas tersebut > 0,388 maka dinyatakan keseluruhan nya valid, uji realibilitas
nilai (x) yang diperoleh adalah 0,640 dan nilai (y) yang diperoleh adalah 0,841
maka dinyatakan reliebel, uji normalitas nilai yang diperoleh adalah 0,197 maka
berdistribusi normal. Dan setelah dilakukan uji “t” Paired Sample Test dengan
menggunakan SPSS 26.0 yaitu nilai sig sebesar 0,00, maka sig < 0,05 (0,00 < 0,05).
Maka Ha diterima Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PKn
terhadap pengembangan civic skill siswa dengan menggunakan model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh dari pada sebelum
menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL)