Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC SKILL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 19 PEMATANGSIANTAR TP. 2022/2023

Show simple item record

dc.contributor.author NISA, KHAIRUN
dc.date.accessioned 2023-11-23T12:59:05Z
dc.date.available 2023-11-23T12:59:05Z
dc.date.issued 2023-11-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22691
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Mata Pelajaran PKn Terhadap Pengembangan Civic Skill Siswa. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) dalam mata pelajaran PKn terhadap pengembangan civic skill siswa di SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar TP. 2022/2023. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kuantitatif. Yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar dan tekhnik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, dan menggunakan uji “t”. Berdasarkan perhitungan uji validitas terdapat 20 soal, setelah melakukan uji validitas tersebut > 0,388 maka dinyatakan keseluruhan nya valid, uji realibilitas nilai (x) yang diperoleh adalah 0,640 dan nilai (y) yang diperoleh adalah 0,841 maka dinyatakan reliebel, uji normalitas nilai yang diperoleh adalah 0,197 maka berdistribusi normal. Dan setelah dilakukan uji “t” Paired Sample Test dengan menggunakan SPSS 26.0 yaitu nilai sig sebesar 0,00, maka sig < 0,05 (0,00 < 0,05). Maka Ha diterima Ho ditolak. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran PKn terhadap pengembangan civic skill siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki pengaruh dari pada sebelum menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) en_US
dc.subject Project Based Learning en_US
dc.subject Civic Skill en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MATA PELAJARAN PKN TERHADAP PENGEMBANGAN CIVIC SKILL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 19 PEMATANGSIANTAR TP. 2022/2023 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account