Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan pengukuran siswa
kelas III SD Negeri 112302 Adian Torop sebelum menggunakan media teka-teki
silang dan untuk mengetahui keterampilan pengukuran siswa kelas III SD Negeri
112302 Adian Torop sesudah menggunakan media teka-teki silang. Penelitian ini
menggunakan pendekatan Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kemampuan pengukuran siswa kelas III di SD Negeri 112302 Adian Torop
sebelum menerapkan media pembelajaran teka-teki silang adalah masih terbilang
rendah. Hal tersebut dibuktikan dari nilai rata-rata pre-test siswa kelas III adalah
68,15 atau jika dibulatkan rata-rata nilai siswa adalah 68. Hal tersebut diketahui
hanyalah 7 orang yang memenuhi KKM dan 13 orang siswa belum memenuhi
nilai KKM. Keterampilan pengukuran setelah menggunakan media teka-teki
silang mengalami peningkatan yaitu 16 orang memenuhi nilai KKM. Maka
terdapat pengaruh media pembelajaran teka-teki silang pada siswa kelas III SD
Negeri 112302 Adian Torop.