Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui keterampilan pemahama pada
pembelajaran tematik siswa kelas IV SDN 01 Rantau Utara sebelum menggunakan
media interktif berbasis prezi dan untuk mengetahui keterampilan pemahaman
siswa kelas IV SDN 01 Ranatau Utara sesudah menggunakan media interktif
berbasis prezi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan penggunaan media interaktif berbasis aplikasi prezi memberikan
pengaruh pada pemahaman siswa dalam pembelajaran tematik tema 1 kelas IV
SDN Rantau Utara. Hal ini dibuktikan melalui uji hipotesis berupa nilai sig (2-
tailed) yang diperoleh ialah .000. Nilai ini lebih kecil daripada 0,05 sehingga Ha
diterima.Pengaruh penggunaan media interaktif berbasis aplikasi Prezi pada
pembelajaran Tematik tema 1 kelas IV SDN Rantau Utara terlihat dari adanya
peningkatan hasil belajar siswa. Hasil pada pre-test menunjukkan nilai terendah
bernilai 40 dan tertinggi 80 dengan nilai rata – rata pre-test bernilai 71,3. Sedangkan
pada post-test, nilai terendah bernilai 80 dan tertinggi 95 dengan nilai rata – rata
post-test bernilai 88,7.