Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa kelas V, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam memahami
materi yang diajarkan pada mata pelajaran matematika dan siswa masih kurang
dalam mengembangkan kemampuan menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini
bertujuan utuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasinya adalah
siswa kelas V SD Swasta Amaliyah Sunggal yang terdiri dari dua kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan sampel jenuh. Variabel bebas adalah model
pembelajaran Berdeferensiasi sedangkan untuk variabel terikat adalah kemampuan
pemecahan masalah matematika siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji Mann
Withney yang didahului dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Hasil dari
penelitian ini menggunakan uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar
0,002. Berarti 0,002 < 0,05, maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berdeferensiasi terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD Swasta Amaliyah Sunggal”