Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Penerapan Layanan
Konseling Kelompok Teknik Problem Solving Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar
Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Air Joman Tahun Pembelajaran 2017/2018. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk Mengatasi Kesulitan Belajar siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Air Joman Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini penelitian
tindakan layanan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini
adalah peneliti bekerja sama dengan guru bimbingan konseling di SMP Negeri 1 Air
Joman. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 10 orang
siswa yang memiliki kesulitan belajar yang tinggi. Layanan ini dilakukan dua kali
layanan, layanan pertama perubahan belum maksimal, dan layanan ke dua perubahan
sudah maksimal. Sehingga dapat disimpulkan layanan konseling kelompok dapat
mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Air Joman Tahun
Pembelajaran 2017/2018.