Abstract:
Pada rangka mempertinggi pelayanan prasarana jalan dan untuk meningkatan
lalulintas,di butuhkan daya tampung jalan yang cukup agar jalan dapat melayani
arus lalu lintas dengan baik. Salah satu yang akan dibahas didalam penelitian ini
tentang tack coat dalam pembuatan jalan di Kota Medan Jalan Kapten Sumarsono.
Lapis perekat (tack coat) adalah penggunaan aspal pada permukaan perkerasan
beraspal yang bertujuan untuk mengikat permukaan lapis beraspal lama dengan
lapis beraspal baru. Selain itu terdapat beberapa definisi mengenai tack coat
adalah pelaburan aspal cair cepat mantap Rapid Setting (RS) di atas lapisan
beraspal lama untuk membantu ikatan dengan konstruksi lapisan beraspal baru
agar membentuk satu kesatuan konstruksi perkerasan yang monolit. Besaran
sebaran takaran tack coatbergantung pada kondisi permukaan konstruksi jalan
lama (existing),mulai dari 0,15 – 0,35 ltr/m2 dengan temperature 110 + 100C.
Lamanya waktu dimana bahan pengencer ini mulai menguap (tergantung dari
kondisi cuaca) dikenal dengan istilah setting time atau kadangkala disebut dengan
curing time. Rata-rata Waktu pengeringan Tack Coat Kurang Dari 5 Jam. Adapun
yang mengatakan bahwa tack coat adalah laburan perekat di atas perkerasan beton
atau beraspal yang akan dilapisi lagi dengan lapisan beraspal..Dari hasil
perhitungan volume penggunaan Tack Coat pada jalan Kapten Sumarsono,
menunjukkan bahwa penggunaan Tack Coat yang di butuhkan dalam pembuatan
jalan baru di Jalan Kapten Sumarsono dari STA 0+000 – 1+650 ialah sebanyak
2.310 liter/m
3
.