Abstract:
Strategi komunikasi merupakan suatu proses dalam menyusun pesan di maksudkan
untuk menginformasikan kepada publik mengenai suatu produk. Alat strategi komunikasi
pemasaran ini menggunakan brosur, serta pemasaran secara langsung dan penggunaan
media sosial seperti Instagram dan facebook. Peneliti mengambil lokasi penelitian di
Wuling Arista Cemara medan. Penelitian dengan judul “Strategi Komunikasi Pemasaran
Dalam Meningkatkan Minat Publik Pada Produk Mobil Listrik di Wuling Arista Cemara
Medan”, Rumusan masalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan
oleh wuling arista cemara dalam meningkatkan minat publik. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam meningkatkan minat
konsumen dengan ketertarikan terhadap mobil listrik Wuling Air EV. Teori-teori yang
digunakan adalah Teori Komunikasi, strategi komunikasi, komunikasi pemasaran, tujuan
dan fungsi strategi komunikasi pemasaran, strategi komunikasi pemasaran, strategi
komunikasi pemasaran wuling arista cemara dalam meningkatkan minat publik, teori
AIDDA, minat publik, wuling arista cemara. Metode dan jenis Penelitian yang diambil
peneliti adalah deskriptif kualitatif. Tahap pengumpulan data penelitian yaitu melakukan
proses wawancara tatap muka dengan narasumber, observasi, serta dokumentasi, hasil
pengamatan, dan hasil pembicaraan yang dianalisis peneliti hingga dapat menarik
kesimpulan. Narasumber yang di wawancara oleh peneliti yaitu terdiri atas 4 orang
narasumber, dengan mengajukan 20 (Dua Puluh) pertanyaan untuk memenuhi kebutuhan
dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Peneliti menyimpulkan bahwa media sosial
dapat meningkatkan minat publik secara efektif dan efesien, seperti membuat iklan
dimedia sosial hal tersebut sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat publik pada
produk terbaru wuling yaitu mobil listrik Wuling Air EV. Peneliti juga menyarankan
bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Wuling Arista Cemara ini
dapat meningkatkan lagi produktifitas dari media sosial kepada seluruh karyawan, agar
terciptanya suatu branding tersendiri terhadap Wuling Arista Cemara terutama pada
produk mobil listrik Wuling Air EV.