Abstract:
Layanan bimbingan kelompok bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam
proses pembelajaran di sekolah. Banyak hal yang menyebabkan seseorang dalam
mengontrol dirinya, salah satunya adalah dirinya memiliki alasan tersendiri untuk
tetap mempertahankan dirinya yang tidak terkontrol, entah untuk
mempertahankan diri atau perasaan ingin diakui oleh orang-orang sekitar. Ada
juga yang beralasan untuk tidak mau merubah dirinya yang sudah berada pada
titik ternyaman bagi dirinya sendiri self control merupakan suatu tindakan yang
dilakukan seseorang untuk mengendalikan diri yang sedang dirasakan baik itu
perasaan senang, sedih, marah dan sebagainya. Adapun tujuan diterapkannya
layanan ini adalah untuk mengetahui Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok
Melalui Materi Self Control Untuk Meningkatkan Self Control Siswa di SMA
Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam Tahun Pembelajran 2017/2018. Yang diambil
tidak menetapkan kelas, siswa yang dijadikan sebagi objek sebayak 8 orang.
Sesuai dengan permasalahan yang mereka miliki, kemudian instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Dari hasil
penelitian yang dilakukan di SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam, maka
diperoleh data siswa yang mengalami masalah-masalah dalam self control
diberikan layanan bimbingan kelompok, peneliti menjadikan mereka dalam satu
kelompok untuk membahas permasalahan yang berkaitan dengan self control.
Setelah terlaksana Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Self
Control Siswa di SMA Muhammadiyah 5 Lubuk Pakam, peneliti melihat adanya
perubahan dalam hubungan yang membaik antara siswa dan juga dengan guru
lainnya. Ini berarti Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk
Meningkatkan Self Control Siswa berhasil dilakukan.