Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Program Myting dapat
meningkatan hasil belajar siswa SMK Muhammadiyah 04 Medan dan untuk
mengetahui adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan Program
Myting pada siswa SMK Muhammadiyah 04 Medan. Pendekatan pada penelitian
ini dengan menggunakan penelitian kuantitatif dan penelitian ini menggunakan
jenis penelitian eksperimen, Desain penelitian dengan Quasi Eksperimental Design
jenis Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang diambil 2 kelas yang
terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelas XI AKL 1 sebagai kelompok kontrol
dengan jumlah 38 siswa dan kelompok eksperimen dari kelas XI AKL 2 dengan
jumlah 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil dari uji Wilcoxon yang dilakukan di
kelas ekperimen dan kelas kontrol adalah 0,000. Artinya, bahwa terdapat perbedaan
antara nilai pre test dan post test di kelas ekperimen dan kelas kontrol, yang mana
nilainya adalah lebih kecil dari Sig.𝛼 = 0,05 (0,00 < 0,05). Pengujian hipotesis pada
penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney dengan nilai yang diperoleh bahwa
Zhitung sebesar -5,254 dengan nilai Sig 0,000. Nilai signifikasi tersebut lebih kecil
dari 0,05 sehingga berdasarkan kriteria pengambilan keputusan Ha diterima. Hal ini
menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar MYOB Accounting siswa kelas
eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol. Sehingga hasilnya adalah ada
peningkatan hasil belajar siswa setelah penggunaan program Myting berbasis
Android Bagi Siswa di SMK Muhammadiyah 04 Medan.