Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode
Mustaqilli Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MTsPN 4 Medan siswa SMP kelas
VII dan untuk mengetahui Perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi Penerapan
Metode Mustaqilli Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Penelitian ini menggunkan
penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang cenderung menggunakan analisis.
Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Penerapan Metode mustaqilli merupakan metode
yang mengambil pendekatan komprehensif dengan penguasaan teknik membaca
kitab, menulis, menterjemahkan, mengarang hingga mampu berbicara dalam
Bahasa Arab. Perencanaan dalam penerapan metode mustaqilli pada mata pelajaran
bahasa arab dengan menyiapkan RPP, menegtahui latar belakang siswa dan
meyiapkan pertanyaan. Adapun kendala dalam penerapan metode mustaqilli yaitu
siswa mempunyai latar belakang dan kemampuan yang berbeda-beda dalam
pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode
mustaqilli dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang pelajaran Bahasa Arab.