Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh layanan informasi
terhadap peristiwa lupa dalam belajar siswa kelas X MAN 1 Medan tahun
pembelajaran 2017/2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh layanan informasi terhadap peristiwa lupa dalam belajar siswa kelas X
MAN 1 Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan antara variabel
bebas ( layanan informasi ) dengan variabel terikat (lupa dalam belajar). Sebagai
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 1 Medan yang
berjumlah 559 orang dan sampel penelitian ini adalah 10% dari 559 orang yakni
berjumlah 55 orang dan dengan menggunakan teknik proportional sampling.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 31
pernyataan yang terdiri dari 12 pernyataan untuk layanan informasi dan 19
pernyataan untuk lupa dalam belajar. Hasil analisis korelasi termasuk dalam
kategori interprestasi kuat, mengemukakan ada pengaruh positif antara layanan
informasi dengan peristiwa lupa dalam belajar, nila rhitung 0,651 rtabel 0,266 dan hal
ini dapat disimpulkan bahwa rhitung > rtabel 0,651 > 0,266 berarti ada pengaruh
antara variabel X dan variabel Y. Sedangkan nilai uji thitung sebesar 6,243 dan ttabel
2,005 hal ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara layanan informasi
terhadap peristiwa lupa dalam belajar karena thitung > ttabel 6,243 > 2,005.
Selanjutnya ( thitung > ttabel ) maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga ada
pengaruh pemberian layanan informasi terhadap peristiwa lupa dalam belajar
siswa kelas X MAN 1 Medan tahun pembelajran 2017/2018.