Research Repository

Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Putri Astri, Dewi
dc.date.accessioned 2020-03-10T01:56:54Z
dc.date.available 2020-03-10T01:56:54Z
dc.date.issued 2017-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2259
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah etika pergaulan dapat ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika pergaulan melalui pemberian layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penilaian ini menggunakan jenis PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang yang ditentukan melalui instrument, terdiri dari 7 orang yang sedang etika pergaulannya dan 3 orang yang rendah etika pergaulannya. Penggunaan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara menganalisis skor angket yang digunakan selama proses bimbingan kelompok berlangsung. Setelah tindakan siklus I terjadi peningkatan etika pergaulan siswa menjadi 50%. Setelah tindakan siklus II peningkatan juga terjadi menjadi 80%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan etika pergaulan siswa, sehingga dapat diangkat judul skripsi “Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018” dapat diterima, Maka peneliti menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok sebagai alternative yang tepat dalam menangani permasalahan siswa khususnya meningkatkan etika pergaulan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. en_US
dc.subject Bimbingan kelompok en_US
dc.subject Etika pergaulan en_US
dc.subject Penelitian tindakan bimbingan konseling en_US
dc.title Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account