Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah etika pergaulan dapat
ditingkatkan dengan memberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas
VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan etika pergaulan melalui pemberian layanan
bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan
Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penilaian ini menggunakan jenis PTBK (Penelitian Tindakan Bimbingan
Konseling) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari
empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini berjumlah 10 orang yang ditentukan melalui instrument, terdiri dari
7 orang yang sedang etika pergaulannya dan 3 orang yang rendah etika
pergaulannya. Penggunaan teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui angket dan observasi. Analisis
data dilakukan dengan cara menganalisis skor angket yang digunakan selama
proses bimbingan kelompok berlangsung. Setelah tindakan siklus I terjadi
peningkatan etika pergaulan siswa menjadi 50%. Setelah tindakan siklus II
peningkatan juga terjadi menjadi 80%.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok
dapat meningkatkan etika pergaulan siswa, sehingga dapat diangkat judul skripsi
“Meningkatkan Etika Pergaulan Siswa Menggunakan Teknik Psikodrama Melalui
Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05
Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018” dapat diterima, Maka peneliti
menyarankan guru bimbingan konseling dapat menggunakan layanan bimbingan
kelompok sebagai alternative yang tepat dalam menangani permasalahan siswa
khususnya meningkatkan etika pergaulan pada siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 05 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.