Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development)
yang menghasilkan suatu produk berupa media pembelajaran berbasis web
pada pembelajaran IPS kelas V siswa SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya keterbatasan sarana dan prasarana di
Sekolah dan guru yang kurang kreatif dalam menyajikan materi dalam proses
pembelajaran. Sebagai bentuk untuk mengoptimalkan pembelajaran IPS, maka
dikembangkan media pembelajaran berbasis web sebagai pendamping bahan
ajar. Pengembangan media berbasis web ini bertujuan untuk menanbah
keanekaragaman media pembelajaran IPS dan sebagai upaya untuk
meningkatkan daya tarik siswa terhadap pembelajaran IPS. Pada penelitian ini,
peneliti memilih menggunakan model ADDIE. Model ini merupakan singkatan
dari Analisys, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Subjek
yang digunakan dalam penelitian ini melibatkan satu kelas yang berjumlah 25
siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Instrumen penelitian
menggunakan lembar angket yang terdiri dari angket validasi untuk 3 ahli dan
angket kepraktisan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan
media valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan memperoleh
nilai rata-rata 93% kategori sangat valid berdasarkan validator materi, nilai
93% kategori sangat valid berdasarkan validator desain media dan nilai 94%
kategori sangat valid berdasarkan validator bahasa. Hasil penelitian juga
menunjukkan media layak digunakan berdasarkan nilai yang diperoleh dari
hasil uji kepraktisan dengan nilai rata-rata 93% kategori sangat valid.