Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Layanan Informasi Untuk
Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di SMK Tamansiswa
Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024”. Jenis penelitian ini menggunakan
kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu one group pretest dan posttest
design. Subjek penelitian ini adalah kelas X MP dengan jumlah sampel sebanyak
23. Penelitian ini menggunakan product momen dan juga menggunakan IBM
SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil Uji T yang telah dilakukan dapat diketahui
taraf signifikansi 0,05 dengan peluang 1 – α dan derajat kebebasan dk = n-k =
23-1= 22 maka dari tabel t diperoleh t = 2,074. Dengan demikian thitung>ttabel pada
kecerdasan emosional yaitu ,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Layanan Informasi Untuk
Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X di SMK Tamansiswa
Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024”