Abstract:
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada peningkatan
penyesuaian diri dalam pergaulan siswa melalui layanan informasi bidang
bimbingan sosial pada siswa kelas VII MTs. Al Mushlihin Binjai Tahun
Pembelajaran 2017/2018?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan penyesuaian diri dalam pergaulan siswa melalui layanan
informasi bidang bimbingan sosial pada siswa kelas VII MTs. Al Mushlihin
Binjai Tahun Pembelajaran 2017/2018”.
Objek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs. Al Mushlihin Binjai Tahun
Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan
purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket untuk menjaring
data tentang penyesuaian diri dalam pergaulan di sekolah. Instrument diberikan
sebelum dan sesudah pemberian layanan informasi. Teknik dalam pengumpulan
data ini dengan menggunakan observasi serta pemberian layanan informasi
kepada siswa yang diikutsertakan, serta mereduksi data, menyajikan data dan
membuat kesimpulan.
Hasil penelitian kemampuan menyesuaikan diri dalam pergaulan siswakelas VII
di MTs. Al Mushlihin Binjai T.P 2017/2018 meningkat melalui pelaksanaan
layanan informasi. Dapat dilihat dari hasil instrumen tes pengambilan keputusan
pada siklus II, pada tahap ini nilai yang didapat siswa sudah mencapai kategori
baik yaitu 61,10%. Dengan hasil yang didapat dinyatakan bahwa kemampuan
menyesuaikan diri dalam pergaulan siswa kelas VII di MTs. Al Mushlihin Binjai
T.P 2017/2018 dapat ditingkatkan melalui layanan informasi bidang bimbingan
sosial benar adanya dan dapat diterima.