Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis surat pribadi
dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write siswa kelas VII
SMP Pertiwi Medan tahun pembelajaran 2022-2023. Adapun teknik
pengambilan sampel dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik simple
random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 yang
berjumlah 32 orang di SMP Pertiwi Medan. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian menggunakan tes esai dengan tehnik analisis data menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan
kedua variable kelompok memiliki nilai normalitas yang baik diatas nilai
standard 0,05. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 573,17 dengan
nilai df sebesar 31 sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,69 dengan demikian thitung >
ttabel (573,17>1,69) dengan demikian dapat disimpulkan terdapat adanya
perbedaan pengaruh model pembelajaran Think Talk Write oleh siswa kelas VII
SMP Pertiwi Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023.