Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran picture
and picture dikelas IV SD Negeri 064961 Medan. Untuk mengetahui penggunaan
model pembelajaran picture and picture di kelas IV terhadap keterampilan berpikir
logis peserta didik pada kelas IV Medan. Penelitian ini menggunakan Metode
kuantitatif. Populasi nya adalah siswa kelas IV SDN Negeri 064961 Medan terdiri
dari satu kelas , dengan sampel berjumlah 20 orang , pengambilan sampel dengan
total sampling , Variabel bebas(x) Model pembelajaran picture and picture dan
variabel terikat (y) berpikir logis , pengujian hipotesis menggunakan Uji t
(independen simple T- Test), yang di dahului dengan uji validitas dan uji realibitas.
Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji t menggunakan sig. 2- tailed
sebesar 0.00 < 0.05 maka Ho ditolak , ha diterima . Dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh Model pembelajaran picture and picture terhadap keterampilan
berpikir logis pada pembelajaran matematika SD Negeri 064961 Medan .