Abstract:
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang
mampu memperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas
kepada masyarakat, Mendorong pertumbuhan ekonomi, dan berperan dalam
mewujudkan stabilitas nasional. Peran penting tersebut mampu mendorong Kec.
Medan Timur untuk terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi
perkembangan UMKM diwilayah Kec. Medan Timur. Metode yang digunakan
penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah dengan metode Kuisioner, dengan menyebarkan daftar
pertanyaan dan pernyataan kepada pelaku UMKM sebagai respondennya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kuisioner yang telah
disebar, Sumber Daya Manusia dan Strategi Pemasaran berpengaruh positif dan
signifikan terhadap perkembangan UMKM diwilayah Kec. Medan Timur. Hal ini
terlihat dari nilai signifikan X1 (0,000 < 0,05). Nilai thitung (8,631) > ttabel ( 1,678)
serta nilai Fhitung adalah 3,82257 dengan tingkat signifikan 0,000. Sedangkan nilai
Ftabel pada tingkat signifikan 95 % (α = 0,05) adalah 2,696 dimana Fhitung > Ftabel)
Sehingga 3,822 > 2,696 dan nilai signifikan > 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan
demikian , secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan Sumber Daya
Manusia dan Strategi Pemasaran terhadap Perkembangan UMKM di Kec.Medan
Timur.
Kata Kunci :