Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku manajemen
keuangan dalam penggunaan paylater pada Generasi Z Kota Medan diantaranya
adalah pengaruh kemudahan, sosial, motivasi hedonis dan self monitoring melalui
literasi keuangan sebagai variabel intervening. Sehingga analisis penelitian ini
dapat mengedukasi pengendalian perilaku keuangan dalam mengggunakan
paylater melalui pemahaman literasi keuangan agar bijak dalam mengelola
keuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 446 sampel. Metode analisis
yang digunakan adalah SmartPLS dengan metode analisis SEM (Structural
Equation Modelling). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemudahan dan
sosial tidak berpengaruh terhadap financial management behavior. Kemudahan
dan sosial berpengaruh terhadap literasi keuangan. Kemudahan dan sosial
berpengaruh terhadap financial management behavior melalui literasi keuangan
sebagai variabel intervening. Motivasi hedonis dan self monitoring tidak
berpengaruh terhadap financial management behavior.