Abstract:
Skripsi ini membahas Pengaruh Model TGT (Team Games Tournament) Terhadap
Keaktifan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas IV SD
Muhammadiyah 25. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana
pengaruh model TGT (Team Games Tournament) terhadap keaktifan belajar siswa
dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Muhammadiyah 25. Penelitian ini
memiliki tujuan ada tidaknya pengaruh model TGT (Team Games Tournament)
terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas IV SD
Muhammadiyah 25. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian
kuantitatif untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika
kelas IV SD Muhammadiyah 25. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 25 sebanyak 15 orang siswa yang memiliki peran sebagai responden.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikannya kuesioner kepada responden
hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada Bapak Amin Basri
S.Pd.I., M.Pd yang nilainya 100% (valid). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t
dapat diketahui bahwa nilai thitung – 10,008 sedangkan ttabel 2,144. Tanda negatif pada
thitung bukan menunjukkan dibawah 0 tetapi menunjukkan arah pengaruhnya. ttabel
diambil dari tabel berdistribusi t dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 0,05
atau 5%, maka hipotesis (Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan,
dapat ditarik kesimpulannya bahwa Model TGT (Team Games Tournament)
berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas
IV SD Muhammadiyah 25.