Abstract:
Keputusan pembelian dipengaruhi oleh beberapa variabel antara lain : Motivasi,
Persepsi, Pembelajaran, Harga serta Brand image. Untuk itu dibutuhkan suatu
penelitian agar mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel tersebut
terhadap Keputusan pembelian produk Skincare MS. Glow dikota Medan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Motivasi terhadap Keputusan
pembelian, untuk menganalisis pengaruh Motivasi terhadap Brand image, untuk
menganalisis pengaruh Persepsi terhadap keputusan pembelian, untuk menganalisis
pengaruh Persepsi terhadap Brand image, untuk menganalisis pengaruh
Pembelajaran terhadap Keputusan pembelian, untuk menganalisis pengaruh
Pembelajaran terhadap Brand image, untuk menganalisis Harga terhadap
Keputusan pembelian, untuk menganalisis pengaruh Brand image terhadap
Keputusan pembelian, untuk menganalisis Harga terhadap Brand image, untuk
menganalisis pengaruh Motivasi terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh
Brand image. untuk menganalisis pengaruh Persepsi terhadap Keputusan
pembelian dimediasi oleh Brand image, untuk menganalisis pengaruh
Pembelajaran terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand image, untuk
menganalisis pengaruh harga terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand
image. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif
dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalag seluruh Konsumen Produk MS.
Glow dikota Medan. Dengan jumlah sampel 100 orang menggunakan rumus
bernouly. Teknik pengumpulan data melalui angket (kuisioner) dan analisis data
menggunakan Smart Partial Least Square (PLS-SEM) dengan bantuan software
SmartPLS 4.0. hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Motivasi
terhadap Keputusan pembelian (sig = 0,002 < 0,05), ada pengaruh Persepsi terhadap
Keputusan pembelian (sig = 0,010 < 0,05), ada pengaruh Pembelajaran terhadap
Keputusan pembelian (sig = 0,000 < 0,05), ada pengaruh Harga terhadap Keputusan
pembelian (sig= 0,004 < 0,05), ada pengaruh Brand image terhadap Keputusan
pembelian (sig 0,002 < 0,05), ada pengaruh Motivasi terhadap Brand image (sig =
0,017 < 0,05 ), ada pengaruh Persepsi terhadap Brand image (sig = 0,002 < 0,05),
ada pengaruh Pembelajaran terhadap Brand image (sig = 0,000 < 0,05), ada
pengaruh Harga terhadap Brand image (0,002 < 0,005 ) , ada pengaruh Motivasi
terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand image (sig = 0,047 < 0,05),
ada pengaruh Persepsi terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand Image
(sig = 0,020 < 0,05), ada pengaruh Pembelajaran terhadap Keputusan pembelian
dimediasi oleh Brand image (sig = 0,022 < 0,05), ada pengaruh Harga terhadap
Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand image (sig= 0,016 < 0,05). Simpulan
penelitian ada pengaruh signifikan Motivasi terhadap Keputusan pembelian, ada
pengaruh signifikat Persepsi terhadap Keputusan pembelian, ada pengaruh
signifikan Pembelajaran terhadap Keputusan pembelian, ada pengaruh signifikan
Harga terhadap Keputusan pembelian, ada pengaruh signifikan Motivasi terhadap
Brand image, ada pengaruh signifikan Persepsi terhadap Brand image, ada
pengaruh signifikan Pembelajaran terhadap Brand image, ada pengaruh signifikan
Harga terhadap Brand image, ada pengaruh signifikan Brand image terhadap
Keputusan pembelian, ada pengaruh signifikan Motivasi terhadap keputusan
pembelian dimediasi oleh Brand image, ada pengaruh signifikan Persepsi terhadap
Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand image, ada pengaruh signifikan
Pembelajaran terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand image, ada
pengaruh signifikan Harga terhadap Keputusan pembelian dimediasi oleh Brand
image pada Konsumen Produk Skincare MS. Glow dikota Medan.