Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah good corporate governance dan
corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan baik secara
parsial maupun secara simultan pada perusahaan consumer’s goods yang terdaftar
di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini ialah dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam
penelitian ini sebanyak 45 perusahaan consumer’s goods yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 8 perusahaan dengan
menggunakan teknik purposive sampling. Pengamatan dilakukan selama 5 tahun
yaitu mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2022. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi dan sumber data penelitian
ini ialah data sekunder. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan
analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan koefisien
determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS (Statistic
Package for the Social Sciens) versi 27. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa
secara individu (parsial) good corporate governance dan corporate social
responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan secara
simultan good corporate governance dan corporate social responsibility
berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.