Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap
loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada
PT. Multidaya Teknologi Nusantara Baik itu secara langsung maupun tidak
langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik
yakni partial least square - structural equestion model (PLSSEM) yang bertujuan
untuk melakukan analisis jalur (path) dengan variabel laten. Adapun hasil penelitian
menunjukkan Relationship Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan PT. Multidaya Teknologi Nusantara. Relationship Marketing
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Multidaya
Teknologi Nusantara. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan Pelanggan PT. Multidaya Teknologi Nusantara.
Kepuasan Pelanggan tidak dapat memediasi atau memperantarai pengaruh
Relationship Marketing terhadap terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Multidaya
Teknologi Nusantara. Nilai R-Square adjust yang diperoleh pada variabel kepuasan
pelanggan adalah 0.375 Artinya Relationship Marketing dalam menjelaskan
Loyalitas Pelanggan adalah 52,5%. Dengan demikian, model tergolong moderate
(sedang).