Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis pengaruh kualitas pelayanan,
harga, dan kemudahan terhadap kepuasan konsumen pengguna aplikasi grab pada
mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis universitas muhammadiyah sumatera
utara Baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis statistik yakni partial least
square – structural equestion model (PLSSEM) yang bertujuan untuk melakukan
analisis jalur (path) dengan variabel laten. Adapun hasil penelitian menunjukkan
Hipotesis pengaruh langsung menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terlihat jelas dengan
adanya hasil koefisien pengaruh langsung sebesar 0.349 dan P-Value 0.001
(>0.05). Menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi grab pada
mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera
Utara. Hipotesis pengaruh langsung menyimpulkan bahwa Harga berpengaruh
tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terlihat jelas dengan adanya
hasil koefisien pengaruh langsung sebesar 0.245 dan P-Value 0.341 (>0.05).
Menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara Harga
terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi grab pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Hipotesis pengaruh langsung menyimpulkan bahwa kemudahan berpengaruh
tidaksignifikan terhadap kepuasan konsumen. Hal ini terlihat jelas dengan adanya
hasil koefisien pengaruh langsung sebesar 0.159 dan P-Value 0.336 (>0.05).
Menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan tidak signifikan antara kemudahan
terhadap kepuasan konsumen pada pengguna aplikasi grab pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.