Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran MicroTeaching
Terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Pada
Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Di Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
mahasiswa pendidikan akuntansi stambuk 2019 yang telah mengikuti mata kuliah
micro teaching dan pengalaman lapangan persekolahan (PLP) yang berjumlah 30
mahasiswa dengan menggunakan sampel yaitu total sampling. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyebaran angket
kuisoner.. Dalam penelitian ini terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen
yaitu dengan pengujian validitas dan reliabilitas instrumen. Selanjutnya
melakukan pengujian normalitas data, dan terakhir dilakukan pengujian hipotesis.
Hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji t dan Uji f. Uji t diketahui nilai thitung
> ttabel (10,301 > 1,701), dan Uji f diketahui nilai Fhitung (106,114) > Ftabel (4,20)
dengan tingkat signifikasi 0.000, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan
H1 diterima, artinya bahwa Pembelajaran mata kuliah micro teaching berpengaruh
positif terhadap kesiapan kesiapan mengajar mahasiswa PLP. Kemudian peneliti
melakukan perhitungan koefisien determinasi besarnya nilai korelasi sebesar
0,791 yang artinya pengaruh Pembelajaran matakuliah micro teaching (X)
terhadap kesiapan mengajar (Y) adalah sebesar 79,1% dan sisanya 20,9%
dipengaruhi oleh variabel lain (diluar model regresi atau variabel yang tidak
diteliti oleh penelitian ini.