Abstract:
Peneliti membahas tentang Strategi Pengelolaan Program Ekstrakulikuler Tahfidz
Al – Qur’an di MTs Islamiyah Medan. Penelitian dilaksanakan untuk mengetahui
bagaimana Strategi Pengelolaan Program Ekstrakulikuler Tahfidz Al – Qur’an
yang dilakukan di MTs Islamiyah Medan supaya berjalan dengan lancar atau baik.
Peneliti melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor
pendukung dan penghambat dalam strategi pengelolaan program ekstrakulikuler
tahfidz al – qur’an di MTs Islamiyah Medan. Dalam penelitian peneliti
menggunakan pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan
data observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah guru
tahfidz dan siswa. Hasil penelitian ini sudah berjalan dengan baik dengan
menerapkan empat fungsi pengelolaaan yaitu : perencanaan, pengorganisasian,
pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dalam penelitian peneliti berharap dalam strategi
pengelolaan program ekstrakulikuler tahfidz al – qur’an siswa mampu membaca
al – qur’an dengan baik dan menghafal al – qur’an sesuai dengan tajwid