Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Project Based
Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran IPS materi “interaksi
manusia dengan lingkungan” Siswa kelas IV SD Muhammadiyah 32 Medan,
Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 32 Medan, yang belokasi di
Jln. Mistar Gg. Muhammadiyah No. 3 Medan, Populasi tersebut terdiri dari kelas
IV yang berjumlah 27 siswa, Adapun teknik pengambilan sampel dalam
penelitian ini penulis menggunakan teknik total sampling dengan jumlah sampel
sebesar 27 siswa, teknik analisis data yang digunakan adalah uji beda. Adapun
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan nilai pada siswa yang
menjadi kelas eksperimen penelitian setelah dilakukan Model Project Based
Learning terhadap Hasil Belajar, Berdasarkan output Paired Samples
Correlations diperoleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat
disimpulkan terdapat korelasi antara rata-rata Hasil Belajar siswa untuk pre-test
kelas eksperimen dengan post-test kelas eksperimen (metode Demontrasi).
Berdasarkan ouput Paired Samples Test diperoleh nilai t sebesar 33.440 dan nilai
sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata rata Hasil Belajar siswa untuk pre-test kelas eksperimen dengan post-test kelas
eksperimen dan penelitian ini menerima hipotesis bahwa terdapat pengaruh
Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar IPS siswa kelas IV SD
Muhammadiyah 32.