Abstract:
Permasalahan pada penelitian adalah beberapa akun TikTokshop
mengeluh bahwa barang yang mereka pesan melalui aplikasi TikTok datang tidak
sesuai dengan yang mereka harapkan, eberapa produk di aplikasi tersebut tidak
mendapatkan potongan harga hingga ongkos kirim senilai Rp 0,- seperti biasanya,
dan sering terjadinya eror dalam bertransaksi, tidak bisa bertransaksi melalui
aplikasi TikTokshop di jam-jam tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan terhadap minat beli
ulang pengguna TikTok Shop pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Bentuk penelitian ini yaitu
penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini
merupakan mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 91 responden
melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan Uji Analisis Regresi Liner Berganda, Uji Hipotesis (Uji T dan Uji
F), dan Koefisien Determinasi melalui software SPSS. Hasil penelitian ini
membuktikan bahwa kepuasan pelanggan dan kepercayaan berpengaruh
signifikan terhadap minat beli ulang pengguna TikTok Shop dimana kepuasan
pelanggan dan kepercayaan mampu menjelaskan variabel minat beli ulang sebesar
72%, sedangkan 28% sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar model
penelitian ini.