Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya mata pelajaran
Pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan karakter kewarganegaraan
pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Pondok Anugerah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa pada Sekolah Luar Biasa Pondok Anugerah yang berjumlah
sebanyak 50 orang. Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas tuna rungu yang
berjumlah 15 orang dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling
dengan jenis purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu
variabel bebas (x) efektifitas pembelajaran dan variabel terikat (y) karakter
kewarganegaraan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner
atau angket tertutup yang berjumlah 25 butir pertanyaan yang valid dari 30 butir
pertanyaan yang di ajukan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
aplikasi SPSS versi 25. Nilai koefesien korelasi rhitung 0.756 dari rtabel untuk N = 15
adalah 0.514 jadi karena 0,756 > 0.514 maka dapat diartikan hubungan antar kedua
variabel adalah positif atau berpengaruh. Dari perhitungan hipotesis dengan
koefesien determinasi diperoleh angka 57,2% yang mana angka ini termasuk dalam
taraf 50% - 70% dengan keterangan “efektif”. Maka demikian disimpulkan bahwa
efektifitas pada pembelajaran kewarganegaraan efektif dalam menumbuhkan
karakter kewarganegaraan pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa
Pondok Anugerah