Research Repository

EFEKTIVITAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH LUAR BIASA PONDOK ANUGERAH

Show simple item record

dc.contributor.author ZULFA, INDANA
dc.date.accessioned 2023-11-21T10:01:43Z
dc.date.available 2023-11-21T10:01:43Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22393
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif atau tidaknya mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan dalam menumbuhkan karakter kewarganegaraan pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Pondok Anugerah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa pada Sekolah Luar Biasa Pondok Anugerah yang berjumlah sebanyak 50 orang. Yang menjadi sampel penelitian adalah kelas tuna rungu yang berjumlah 15 orang dengan teknik pengambilan sampel Non Probability Sampling dengan jenis purposive sampling. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (x) efektifitas pembelajaran dan variabel terikat (y) karakter kewarganegaraan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket tertutup yang berjumlah 25 butir pertanyaan yang valid dari 30 butir pertanyaan yang di ajukan. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Nilai koefesien korelasi rhitung 0.756 dari rtabel untuk N = 15 adalah 0.514 jadi karena 0,756 > 0.514 maka dapat diartikan hubungan antar kedua variabel adalah positif atau berpengaruh. Dari perhitungan hipotesis dengan koefesien determinasi diperoleh angka 57,2% yang mana angka ini termasuk dalam taraf 50% - 70% dengan keterangan “efektif”. Maka demikian disimpulkan bahwa efektifitas pada pembelajaran kewarganegaraan efektif dalam menumbuhkan karakter kewarganegaraan pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Pondok Anugerah en_US
dc.subject Kewarganegaran en_US
dc.subject Anak Berkebutuhan Khusus en_US
dc.subject Karakter en_US
dc.title EFEKTIVITAS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN DI SEKOLAH LUAR BIASA PONDOK ANUGERAH en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account