Research Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF TAMAN BACA MASYARAKAT LINGKARAN DALAM MENARIK MINAT BACA ANAK – ANAK DESA DENAI LAMA

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, GHENA MEINABILA
dc.date.accessioned 2023-11-21T09:50:55Z
dc.date.available 2023-11-21T09:50:55Z
dc.date.issued 2023-11-21
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/22390
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Komunikasi Persuasif Taman Baca Masyarakat Lingkaran Dalam Menarik Minat baca Anak Anak Desa Denai Lama. Strategi komunikasi persuasif merupakan perencanaan komunikasi persuasif dengan manajemen komunikasi yang bertujuan untuk memengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang. Taman Baca Masyarakat Lingkaran adalah salah satu media penunjang dalam pelaksanaan pendidikan nonformal yang menggunakan strategi komunikasi persuasif dalam menarik minat baca pada anak-anak di desa Denai Lama. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif dan minat baca. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Informan penelitian diperoleh lima informan. Teknik analisis data yang penulis gunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian adalah strategi komunikasi persuasif menggunakan 1) The Psychodynamic strategy dengan melalui pendekatan kognitif menarik perhatian anak melalui seni pertunjukan dan seni serta pendekatan emosi dengan mengajak anak belajar sambil bermain, 2) The Sociocultural Strategy dilakukan dengan cara mendekati orang-orang yang berpengaruh dengan anak atau lingkungan sekitarnya tujuannya agar lebih mudah untuk mempersuasifkan anak agar minat dalam membaca atau belajar, 3) The Meaning Construction Strategy dilakukan dengan upaya volunteer memberikan pemahaman dan motivasi kepada anak agar lebih banyak meluangkan waktu untuk membaca dan belajar. en_US
dc.subject Strategi Komunikasi Persuasif en_US
dc.subject Taman Baca Masyarakat en_US
dc.subject Minat Baca en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF TAMAN BACA MASYARAKAT LINGKARAN DALAM MENARIK MINAT BACA ANAK – ANAK DESA DENAI LAMA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account