Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Komunikasi
Persuasif Taman Baca Masyarakat Lingkaran Dalam Menarik Minat baca Anak Anak Desa Denai Lama. Strategi komunikasi persuasif merupakan perencanaan
komunikasi persuasif dengan manajemen komunikasi yang bertujuan untuk
memengaruhi sikap, pendapat dan perilaku seseorang. Taman Baca Masyarakat
Lingkaran adalah salah satu media penunjang dalam pelaksanaan pendidikan
nonformal yang menggunakan strategi komunikasi persuasif dalam menarik minat
baca pada anak-anak di desa Denai Lama. Teori yang digunakan pada penelitian ini
adalah teori strategi komunikasi persuasif dan minat baca. Metode Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Informan
penelitian diperoleh lima informan. Teknik analisis data yang penulis gunakan ialah
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian adalah
strategi komunikasi persuasif menggunakan 1) The Psychodynamic strategy dengan
melalui pendekatan kognitif menarik perhatian anak melalui seni pertunjukan dan
seni serta pendekatan emosi dengan mengajak anak belajar sambil bermain, 2) The
Sociocultural Strategy dilakukan dengan cara mendekati orang-orang yang
berpengaruh dengan anak atau lingkungan sekitarnya tujuannya agar lebih mudah
untuk mempersuasifkan anak agar minat dalam membaca atau belajar, 3) The
Meaning Construction Strategy dilakukan dengan upaya volunteer memberikan
pemahaman dan motivasi kepada anak agar lebih banyak meluangkan waktu untuk
membaca dan belajar.