Abstract:
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk
membantu terlaksananya proses belajar dalam rangka mencapai tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dan memberikan manfaat yang baik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar ternyata dapat
dikaitkan dengan kajian bidang ilmu komunikasi, yaitu melihat bagaimana proses
komunikasi interpersonal yang dilakukan guru kepada anak didik dengan
menggunakan boneka tangan sebagai media komunikasi pembelajaran di TK
Zahrah Humairah. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui proses komunikasi interpersonal guru kepada anak dan untuk
mengetahui hambatan komunikasi antara guru dengan anak TK Zahrah Humairah.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Narasumber penelitian terdiri dari 5
(lima) orang diantaranya 3 (tiga) orang guru dan 2 (dua) orang tua murid. Teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan melalui
observasi,wawancara mendalam (indept interview) dan dokumentasi, kemudian
keseluruhan data diklasifikasikan kedalam beberapa kategori tertentu dengan
mempertimbangkan kebenaran data (valid) dengan melakukan penyeleksian data
dan reduksi data. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka hasil dari penelitian
ini adalah komunikasi interpersonal guru dan anak berjalan dengan baik dan
langsung mendapatkan umpan balik dari anak. Hal itu dikarenakan sebelum
menggunakan media boneka tangan rasa ingin tahu anak tidak seperti setelah
menggunakan media boneka tangan. Dan ketika menerapkan teori komunikasi
pembelajaran yang bersifat komunikatif, persuasif, edukatif dan repretif maka dapat
menambah minat belajar anak dan anak menjadi sering bertanya pada saat guru
menerapkan teori komunikasi dengan media boneka tangan.