Abstract:
Media pembelajaran mempunyai peran yang sangat penting dalam proses
pembelajaran. Media pembelajaran dapat membantu guru menyampaikan materi
secara menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Ketersediaan media dalam
pembelajaran sejarah masih kurang di temukan. Dari maslah tersebut peneliti ingin
mengembangkan sebuah media pembelajaran, yaitu menghasillkan produk komik
sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media
komik digital yang layak untuk pembelajaran tentang mengenal peninggalan
kerajaan masa Hindu, Budha dan Islam pada kelas IV SD 020617 Kec. Binjai
Selatan Kota Binjai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and
Development dan pengembangan. Subjek penelitian adalah kelas IV SD 020617
Kec. Binjai Selatan Kota Binjai. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket dan observasi. Instrumen penelitian diuji dengan
menggunakan validitas isi. Hasil penelitian media komik digital dikembangkan
mengacu pada tahap pengembangan Borg and Gall yang dikelompokkan dalam
tujuh tahap, yakni potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, media komik yang
dikembangkan dengan mengacu pada tahap pengembangan Borg and Gall layak
diterapkan dalam pembelajaran. penilaian dari ahli materi 84% (materi dan
pembelajaran termasuk kriteria “sangat layak”) penilaian dari ahli media adalah
83% ( kondisi tampilan, ilustrasi, kualitas tampilan media dan daya tarik termasuk
ke kriteria “sangat layak”) penilaian dari ahli bahasa adalah 90% (kebahasaan
termasuk ke kriteria “sangat layak”). Sementara itu, penilaian yang diberikan pada
uji lapangan terbatas 88,8% (termasuk ke kriteria “sangat layak”). Secara tampilan
media komik digital (Mengenal Peninggalan Kerajaan Hindu, Budha dan Islam)
mampu menarik perhatian siswa untuk belajar, emmudahkan belajar siswa, serta
merangsang siswa mengingat materi menjadi lebih mudah.